Kategori

Tari Lengger

Diposkan oleh On 8:29 AM

Tari Lengger yang termasuk kategori Tari Rakyat ini tentunya memiliki filosofi tersendiri. Lengger artinya tledhek laki-laki. Tarian ini sudah semi tarian tradisional, yang sudah sangat lama dikenal di tanah jawa tengah. Namun masih dalam kategori Tarian Rakyat. Lengger sendiri berasal dari kata eling dan ngger. Eling itu artinya mengingat. Kemudian Ngger itu adalah cara menyapa orang tua kepada yang lebih muda. Makanya tarian lengger ini memberikan nasehat dan pesan kepada setiap orang untuk dapat bersikap mengajak dan membela kebenaran dan menyingkirkan kejelekan. Tarian ini juga memiliki tujuan katarsis alias penyucian jiwa. 
Tarian Rakyat ini memang sudah dirintis di Dusun Giyanti oleh tokoh kesenian dari desa Kecis, Kecamatan Selomerto, yaitu Bapa Gondowinangun antara tahun 1910. Selanjutnya antara tahun 60-an. Tarian ini dikembangkan oleh Ki Hadi Soewarno. Tari Rakyat ini sudah selayaknya di lestariakan sampai sekarang. Walaupun sudah banyak bermunculan Tari Tradisional dan Tari Kreasi Baru, Namun pelestarian Tari Rakyat tetap harus dipertahankan.

Bagaimana Cara Memperagakan Tari Lengger

Tari Lengger ini biasanya tidak lepas dari penutup wajah yang dinamakan Topeng. Tarian dengan asesoris topeng ini biasannya dipentaskan oleh dua orang, laki-laki dan perempuan, laki-laki memakai topeng dan perempuan mengenakan baju tradisional bahkan mereka biasa menggunakan baju kerakyatan yang masih sangat sederhana.
Tarian ini terdiri dari beberapa babak. Durasi menari biasanya memakan waktu sekitar 10 menit dalam setiap babak. Saat ini sudah mengalami perkembangan mengenai iringan tari lengger ini. Walaupun masuk dalam kategori Tari Rakyat, namun Tarian saat ini tarian inibiasanya diiringi alunan musik gambangsaronkendanggong, dan lainnya atau dengan Seperangkat Gamelan.
Penari perempuan didandani seperti putri keraton jawa zaman dahulu dengan menggunakan kemben dan selendang. Penari laki-laki tampil menggunakan topeng. Tari Lengger ini oleh orang sekarang dinamai Tari Topeng Lengger atau Tayub Topeng. 
Bedanya antara Tayub Topeng (Lengger) dengan Tayub. Perbedaanya terletak pada penarinya. Untuk Tari Tayub, Penari perempuannya biasanya perawan, namun untuk Tari lengger bisa perempuan bisa laki-laki. Namun seiring perkembangan zaman, kaidah itu sudah mulai berubah.

Sejarah Tari Lengger

Tari lengger berasal dari Kerajaan Kediri. Putri dari Raja Brawijaya yang bernama Dewi Sekartaji kabur dari rumah karena akan dijodohkan dengan Prabu Klono dari kerajaan Sebrang. Karena Dewi Hilang alias minggat maka Rajapun mengadakan sayembara. Barang siapa berhasil membawa pulang Putri jika wanita dijadikan saudara dan jika lelaki akan dijadikan suaminya.

Mendengar pengumuman sayembara tersebut, pangeran - pangeran dari kerajaan di penjuru nusantara ikut kompetisi tersebut. Dari sekian pangeran yang putus asa mencari keberadaan Dewi Sekartadji ternyata masih menyisakan dua pangeran sebagai kompetitor handal yaitu Raden Panji Asmara Bangun yang menyamar sebagai Joko Kembang Kuning dari kerajaan Jenggala dan Prabu Klono sendiri.

Untuk menyembunyikan identitasnya, Joko Kembang Kuning dan pengawalnya menyamar sebagai penari keliling yang berpindah - pindah dari satu desa ke desa lain demi mendapatkan informasi keberadaan dewi Sekartadji. Mereka memainkan peranya sebagai lelaki yang memakai topeng wanita dan diiringi musik ala kadarnya. Ternyata tiap pementasanya mendapat sambutan yang meriah dan akhirnya dinamai Lengger dari kata Ledek (penari) dan geger (gempar/ramai).

Karena mendengar kehebohan tari Lengger akhirnya Dewi Sekartaji keluar dari persembunyianya dan menonton penari - penari Lengger yang sebenarnya adalah Joko Kembang Kuning. Tapi Prabu Klono juga mengetahui keberadaan Sang Putri dan mengutus kakaknya , Retno Tenggaron beserta prajurit - prajurit wanitanya untuk melamar Dewi Sekartaji. Tentu lamaran ditolak. 

Singkat cerita Joko Kembang Kuning dan Dewi sekartaji pun menikah. Namun Prabu Klono tidak terima dan mengajak berkelahi si Joko Kembang kuning. Tentu saja dimenangkan Joko Kembang Kuning. dan pernikahan mereka berlangsung meriah dengan hiburan Tari Lengger

Tari lengger semakin lama semakin berdampak negatif, akhirnya Sunan Kalijaga yang saat itu menyebarkan agama Islam berhasil memutarbalikanya. Beliau berhasil merubah tari Lengger sebagai ajang penyebaran agama islam. Yang semula Lengger dimaknai Penari yang membuat gempar, berubah oleh Sunan Kalijaga menjadi Eling yo Ngger (Ingatlah wahai Anak cucuku, baik laik-laki maupun perempuan).Saat ada penonton yang mendekati si penari , dan mulai horny , Sunan kalijaga yang menyamar menjadi penari wanita akan membuka topengnya. 


Tari Lengger
Tari Lengger

Tayub Topeng

Tari Lengger
Tari Topeng Lengger

Source Picture
http://hensamw.blogspot.co.id/2011/05/tari-lengger-membangkitkan-syahwat.html
http://nyong-wonosobo.blogspot.co.id/2013/06/tari-lengger-tari-topeng.html
http://www.wisatadieng.com/atraksi-wisata-dieng/tari-topeng-lengger/



Tari Rakyat

Diposkan oleh On 7:38 AM

Berdasarkan pembagian tari memang terbagi menjadi Tari Rakyat, Tari Klasik (Tradisional) kemudian tari modern atau Kreasi baru. Namun untuk kali ini kita akan bahas mengenai tari Rakyat. Tari rakyat adalah Seni Tari yang hidup dan berkembang pada masyarakat tertentu sejak jaman primitif sampai sekarang. Tari Rakyat tidak pernah mengalami perubahan yang signifikan. Tari rakyat ini gerakannya cenderung diulang-ulang alias sedikit variasi dari jaman primitif sampai sekarang. Hanya saja sekarang ini tari rakyat tidak hanya menggunakan iringan musik yang sederhana seperti dulu, namun sekarang sudah menggunakan alat musik Gamelan.

Tari Rakyat terkesan masih lugu, masih sangat sederhana. Tari rakyat biasanya jarang diketahui penciptanya. Walaupun tari rakyat ini sederhana, namun masih tetap memperhatikan unsur-unsur tari. Tari rakyat ini terkadang tidak memiliki gerakan yang baku dan sudah paten. Artinya jika tari tersebut diperagakan terkadang gerakannya berubah-ubah. Yang terpenting adalah gerak yang bermakna.

Tari Rakyat
Seni tari sebagai wujud ekspresi penari dengan gerakan yang simple yang digunakan untuk kegiatan ritual keagamaan dan upaya magis untuk tujuan tertentu. Tari ini biasanya memiliki kekuatan magis yang orang awam tidak bisa mendeteksinya.

Ciri-ciri tari rakyat

  • Sederhana ( pakaian,rias,gerak dan ringan )
  • Tidak mengindahkan norma-norma keindahan
  • Memiliki kekuatan magis

Contoh tari rakyat :

LenggerTayubOrek-OrekJogetKubrasiwaBuncisNdulalakSintrenAnggukRodat.

Source Picture From Google Search

Unsur - Unsur Teater

Diposkan oleh On 1:50 AM

Unsur teater menjadi sangat penting, karena belum dikatakan teater jika belum memenuhi kriteria atau belum memenuhi unsur-unsur teater berikut yang akan diulas dalam artikel Unsur-Unsur Teater. Dalam Unsur-Unsur teater ini tentunya akan saling mendukung atau saling melengkapi antara unsur satu dengan unsur yang lainnya. Jika kita mengetahui bahwa pengertian Seni Tari juga meliputi segala unsur-unsur-unsur tadi, maka yang seharusnya kita lakukan adalah jangan sampai kita mengurangi unsur yang telah ada. Kalau perlu, lebih baik menambah dengan apapun yang sekiranya mendukung kesuksesan pementasan teater yang diinginkan. Orang akan menjadi faham atas apa yang telah diperankan. Orang menjadi mengerti pesan yang disampaikan melalui pementasan teater.

Beriku ini adalah unsur teater yang kita maksud:

UNSUR INTERNAL

Aktor
Aktor merupakan penunjang utama dalam teater. Dan aktor juga menghasilkan beberapa unsur diantaranya, unsur gerak dan suara.

Naskah
Naskah atau bisa disebut lakon dalam teater juga merupakan penunjang yang melahirkan berbagai unsur-unsur yang ada yaitu, aktor, pentas, sutradara, dan kostum.

Pentas
Pentas merupakan salah satu unsur yang menghadirkan keestetikan sebuah pertunjukan, karena pentas merupakan juga menghadirkan unsur penunjang yang di dalamnya ada property, tata lampu, dan alat-alat yang lain yang berkenaan dengan pentas.

Sutradara
Sutradara merupakan unsur yang mengarahkan semua unsur dalam sebuah seni pertunjukan. Mengarahkan seorang aktor, membedah naskah, melahirkan ide-ide tentang pentas yang mau digunakan.

Kostum
Kostum adalah unsur penunjang yang membuat seorang aktor bisa kelihatan membawan wataknya yang bagaimana.

Unsur internal tersebut menyangkut bagaimana didalam pemintasan tersebut, karena bisa dikatakan unsur internal merupakan hatinya teater, bila tidak ada unsur internal tidak akan tercipta suatu pemintasan. Tetapi perlu perlu diketahui pula unsur internal tidak akan bisa berjalan tanpa unsur eksternal.

UNSUR EKSTERNAL

Unsur Eksternal Teater Unsur eksternal yaitu mengurus segala yang berkenaan dengan di luar pemintasan. Yaitu staf produksi, karena staf produksilah yang melakukan segala perlengkapan yang menyangkut pemintasan.

Staf Produksi
Staf produksi menyangkut manager tingkat produser atau pimpinan produksi sampai segala bagian dibwahnya (Tjokroatmojo dkk ). Adapun tugas masing-masing Produser/ pimpinan produksi adalah mengurus produksi secara keseluruhan dan menetapkan personal (petugas), angran biaya, program kerja fasilitas dan sebagainya.

Direktor/ sutradara
Direktor atau yang sering kita kenal dengan sutradara memiliki peran sebagai pembawa naskah, koordinator pelaksanaan pementasan, menyiapkan aktor.

Stage manager
Stage manager bertugas Pemimpin panggung dan membantu sutradara.

Desainer
Menyiapkan aspek-aspek visual seperti Setting (tempat, suasana), Property (perlengkapan pentas), lighting (tata lampu), Costume (tata busana), Sound (pengeras suara)

Crew
Crew dalam hal ini akan memperlancar jalannya pementasan. Maka tugas para crew adalah mengurusi bagian pentas, bagian tata lampu, bagian perlengkapan, bagian tata suara musik, 

Sutradara dan Asistenya
Seorang sutradara memilih naskah, memilih aktor, melatihnya, dan lain sebagainya. Asisten sutradara (astra) Membantu segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seorang sutradara seperti make up (menghias aktor). Lighting  (mengatur tata cahaya pentas), Property (menyiapkan segala properti yang dibutuhkan), Dan lain sebagainya (tergantung kebutuhan produksi).

Unsur - Unsur Teater


Seni Teater

Diposkan oleh On 1:16 AM

Seni Teater adalah cabang dari 4 cabang seni. Seni teater memiliki arti atau pengertian secara khusus. JIka orang menanyakan apa pengertian seni teater? maka disini and abisa menemukan jawabannya. Teater berasal dari kata Yunani, “theatron”  (bahasa Inggris, Seeing Place)  yang artinya tempat atau gedung  pertunjukan. Gedung pertunjukan dalam hal ini ada panggung didalam gedung yang kemudian didepan panggung ada sejumlah kursi untuk penonton. Dalam sebuah Pengertian teater ini akan tersusun Unsur-Unsur Teater yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Kemudian dalam perkembangannya, dalam pengertian yang lebih luas kata teater diartikan sebagai segala hal yang dipertunjukkan di depan orang banyak atau dipertontonkan pada khalayak ramai yang berupa rangkaian cerita yang tersusun secara sistematik yang diperagakan oleh para pemain atau aktor. Teater dipandang sebagai pertunjukan penokohan atas cerita yang digelar. Teater lebih menitik beratkan pada alur cerita tokoh-tokoh yang diperankan. Kalau boleh kita tarik kesimpulan bahwa teater adalah pertunjukan cerita melalui tokoh-tokoh yang diperankan. Contoh teater yang biasa kita temui dalam lingkungan kita misalnya ketoprak, ludruk, wayang, wayang wong, wayang golek, wayang suket, wayang kulit, sintren, janger, mamanda, dagelan, sulap, akrobat, lenong, opera dan lain sebagainya. 

Teater dapat dikatakan sebagai manifestasi dari aktivitas naluriah, seperti misalnya, anak-anak bermain sebagai ayah dan ibu, bermain perang-perangan, dan lain sebagainya. Kalau dalam istilah pewayangan, urutan dalam memerankan teater meliputi Jejer, atau bisa kita sebut pertemuan disebuah istana, rumah atau di tempat tertentu sebagai pijakan pertama dalam memerankan tokoh-tokoh. 


Kemudian paseban Jawi. Artinya paseban jawi disini adalah sebuah situasi yang berbeda dengan jejer yang pertama, namun masih dalam lingkungan sekitar istana pada saat jejer pertama. Kemudian Jejer kedua. Dalam Jejer kedua ini dihadapkan pada poenokohan yang menjadi versus atau lawan yang akan bertemu dengan Jejer pertama. Dilanjutkan perang gagal. Dalam hal ini perang gagal berisi tentang konflik yang dihadapi oleh jejer yang pertama dan kedua. 

Selain definisi tersebut diatas, teater merupakan manifestasi pembentukan strata sosial kemanusiaan yang berhubungan dengan masalah ritual. Misalnya, upacara adat, ritual kerajaan, upacara kenegaraan, dan lain lain yang kesemuanya memiliki unsur-unsur teatrikal dan bermakna filosofis. 

Berdasarkan paparan di atas, kemungkinan perluasan definisi teater itu bisa terjadi. Tetapi batasan tentang teater dapat dilihat dari sudut pandang sebagai berikut: “tidak ada teater tanpa aktor, baik berwujud riil manusia maupun boneka, terungkap di layar maupun pertunjukan langsung yang dihadiri penonton, serta laku di dalamnya merupakan realitas fiktif”, (Harymawan, 1993). 

Seni TeaterDengan demikian Arti Teater adalah pertunjukan lakon yang dimainkan di atas pentas dan disaksikan oleh penonton. Seni Teater adalah Karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang diwujudkan dengan pertunjukan lakon yang dimainkan sesuai penokohan yang dilakonkan yang dipertunjukkan diatas pentas yang disaksikan oleh para penonton.

Teater atau Drama?

Teater adalah istilah lain dari drama, Orang lebih mengenal drama dibanding dengan teater. Jika teater adalah penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience (bisa pembaca, pendengar, penonton, pengamat, kritikus atau peneliti) maka drama adalah cenderung pada penyajian penokohan (bermain Peran).

Seni TeaterProses penjadian drama ke teater disebut prose teater atau disingkat berteater. Tujuan Teater diharapkan menciptakan suasana takjub dalam setiap tokoh yang diperankan. Teater memiliki tujuan KATARSIS atau penyucian jiwa. Yang dimaksud penyucian jiwa adalah dari tampilan teater yang diperankan maka ada nilai-nilai positif yang bisa dijadikan pelajaran bagi si penonton.

Drama berarti perbuatan, tindakan. Berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya. Drama adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak. Konflik dari sifat manusia merupakan sumber pokok drama

Teater dalam arti sempit dan Luas

Teater bisa diartikan dengan dua cara yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas.
Teeater dalam arti sempit adalah sebagai drama (kisah hidup dan kehiudpan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis yang diatur oleh sutradara).
Dalam arti luas, teater adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak contohnya wayang orang, ketoprak, ludruk dan lain-lain.

Kesimpulan Pengertian Teater

  • Secara etimologis : Teater adalah gedung pertunjukan atau auditorium.
  • Dalam arti luas : Teater ialah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak.
  • Dalam arti sempit : Teater adalah drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media : Percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskah yang tertulis ditunjang oleh dekor, musik, nyanyian, tarian, dsb.

Penemu Gitar

Diposkan oleh On 1:39 AM

Gitar adalah alat musik yang cara membunyikannya dengan cara dipetik. Gitar memiliki sumber bunyi dari senar. Senar gitar berjumlah enam senar. Senar paling bawah dan paling atas adalah senar E string dan yang paling atas adalah senar E Bass. Gitar ini dibuat 1779 silam oleh Gaetano Vinaccia di Naples, Italia. Keluarga Vinaccia memang dikenal sebagai luthiers (pembuat senar) untuk alat musik mandolin. Mandolin sendiri ternyata nggak menunjukkan ada hubungan dengan gitar. Alat musik yang mirip-mirip gitar sebetulnya sudah ada sejak 5000 tahun lalu, di zaman kuno Asia Tengah. Ia muncul dalam bentuk ukiran kuno dan berasal dari Susa, ibu kota lama Iran. Alat itu dinamai kithara (bahasa Yunani), kemudian berubah menjadi guit, mirip bahasa Sansekerta yang berarti sangeet dan tar yang berarti cord atau string

Kata gitar, bisa jadi juga diambil dari bahasa Persia, Arab. Kata qitara adalah nama Arab untuk berbagai nama anggota keluarga kecapi, yang mendahului gitar. Di Spanyol, nama gitar pertama kali dikenal saat dibawa ke Iberia oleh bangsa Moor pada abad ke-10. Vihuela (gitar lama Spanyol) adalah bentuk peralihan antara gitar leluhur dan gitar modern, tapi berbodi kecil. Bentuk vihuela menjadi faktor pembeda antara gitar dengan kecapi. (www.firsada98.blogspot.com)

Sejarah gitar dipercaya dimulai di wilayah Timur Dekat. Di antara puing-puing yang di temukan di Babilonia, yang paling relevan adalah gitar yang dibuat pada 1900-1800 SM. Dari masa itu, hingga tahun 1650, gitar mengalami evolusi yang begitu rumit dan beraneka ragam. Begitu banyak jenis dan masing-masing memiliki nama yang berbeda. Beberapa kalangan berpendapat lain, menganggap gitar justru berasal dari negara Spanyol karena alat musik gitar mirip sama alat musik Spanyol yang bernama Vihuela yang beredar pada awal abad ke-16. Alat baru ini (gitar) mempunyai cara pembuatan yang sama dengan alat musik ukulele. Gitar pertama kali yang dibuat sebenarnya berukuran sangat kecil dan juga hanya memiliki empat dawai, seperti ukulele. Pada masa klasik banyak terdapat publikasi yang dilakukan oleh para pembuat lagu dan juga para pemusik. Seperti Fernando Sor, Mauro Guiliani, Matteo Carcassi, Fernando Caulli, dan masih banyak para pencipta yang mengembangakan metode bermain gitar yang akhirnya menjadi permainan yang umum dan dapat diterima. (karl17.wordpress.com)

Pada Tahun 1946 seorang tukang servis radio dan perakit amplifier atau kita bisa sebut power amplifier yang bernama lengkap Clarence Leonidas Fender (10 Agustus 1909 – 21 Maret 1991) yang lebih dikenal dengan Leo Fender mendesain gitar solid bodi pertama yang sukses secara comersial dengan sebuah pickup magnetik yang diberi nama EsquireEsquire versi dua pickup disebut BroadcasterBeliau ini berasal dari Amerika dan meninggal di kalifornia.  Gretcsch juga mempunyai drumset yang dipasarkan dengan nama yang mirip "Broadkaster", sehingga Fender mengganti namanya menjadi Telecaster. Tahun 1954 Fender mengenalkan Fender Stratocaster atau Strat. Stratocaster terlihat lebih mewah dan menampilkan berbagai perbaikan dan inovasi melebihi Telecaster. Fender mengenalkan sebuah gitar bass elektrik yang dinamakan Fender Precision Bass pada tahun 1951 sampai 2012 (wikipedia.org)

Kalian tahu nggak bahwa gitar listrik awalnya didesain oleh seorang pembuat alat musik berupa gitar, beliau yang juga pencinta elektronika dan pabrikan alat-alat musik bernama Les Paul. Beliau mengadaptasi instrumen hollow bodied dengan memakai tungsten pickup, gitar jenis ini mulai diproduksi oleh Electro String Instrument Corporation pada tahun 1932. Desain pertama mereka dibuat oleh Harry Watson, seorang ahli yang bekerja di Electro String Company. Kemudian Gitar baru tersebut dinamai "Rickenbacker" oleh perusahaan. Dokumentasi pertama penampilan dengan gitar listrik adalah tahun 1932 oleh seorang gitaris ternama dan bandleader Gage Brewer. Brewew mempublikasikan atau menunjukkan kepada khalayak ramai berupa instrumen barunya dalam sebuah artikel di Wichita Beacon pada tanggal 2 oktober 1932 dan tak pernah berhenti tampil pada bulan oktober. Perekaman pertama dengan gitar listrik dibuat oleh pemain-pemain Hawaiian Style seperti Andy Iola pada awal tahun 1933. Alvino Rey adalah seniman yang membawa instrumen ini ke penikmat yang lebih luas dalam suatu settingan orkestra besar, kemudian mengembangkan gitar dengan pedal besi untuk Gibson Ediie Durham memperkenalkan instrumen gitar listrik spanish kepada seorang pemuda yang bernama Charlie Christian yang membuat instrumen tersebut terkenal dalam perjalanan hidupnya dan secara umum dikenal sebagai gitar listrik pertama dan juga membawa pengaruh yang besar ke dalam musik jazz sampai dekade selanjutnya. 

kapan perekaman pertama kali gitar listrik ini. Perekaman pertama gitar listrik spanish adalah di Dallas September 1939, dalam sebuah session oleh Roy Newman and His Boys sebuah band Western Swing. Sang gitaris Jim Boyd memakai gitar listriknya sepanjang perekaman 3 buah lagu salah satunya "Corrine, Corrina". 

Pabrik-Pabrik Gitar

Penemu GitarRickenbacker pada tahun 1932
Dobro tahun 1933
NationalAudio Vox dan Volu-Ton tahun 1934
VegaEpiphone, dan Gibson tahun 1936, dan banyak lagi sejak tahun 1936. Ada yang tahu untuk pabrik gitar Listrik di Indonesia. Ternyata di Malang ada Pemproduksi gitar untuk artis papan atas beliau bernama Andi Oding. Alamat beliau di daerah perkampungan padat penduduk lainnya, menemukan rumah bernomor 178 di Jalan Brigjend Slamet Riyadi Gang VIII jelas bukan hal yang mudah. Karena itu, jalur cepatnya adalah bertanya kepada warga setempat. Untungnya, nama Andi Oding cukup ’tenar’ di kampungnya, kawasan Kelurahan Oro-Oro Dowo. Cukup dengan menyebutkan nama ’Andi Oding’, warga sana sudah pada tahu. 

Penemu Gitar
Miftachul Falaq, warga Mojokerto, Jawa Timur, tampilan gitar buatannya sekelas Fender Stratocaster, yang biasa digunakan Eric Clapton atau Jeff Beck. Dengan hanya menggunakan amplifier lokal gitar itu berhasil mengeluarkan suara yang menakjubkan karya Falaq cs memang dapat dipertanggung jawabkan.beliau ini pernah dipesan oleh Benny Panjaitan dari Panbers memesan satu gitar dengan tandatangannya dipatri di atasnya.

Gitar Genta diproduksi di daerah Bandung timur, tepatnya di kawasan Ujungberung KM 12,5 No. 69. 
Pabrik gitrar ini konon berdiri sejak 1959. Gitar yang diproduksi di sini adalah: ukulele, gitar akustik,gitar akustik listrik, serta gitar listrik. Adapun bahan yang digunakan terbuat dari kayu mahoni sertarose wood. 

Untuk masalah kualitas, gitar Genta tidak kalah dengan gitar impor. Adapun beberapa seniman musik yang menggunakan gitar Genta ini antara lain: Pretenders, BawungJabo, Virgiawan L., Mukti-Mukti, Micko, Ary Juliyant, Hari Pochang, Susilo Bambang Yudhoyono(sekarang Presiden RI), Tiwi Sakuhachi, Fery Curtis, Abah Iwan, Tim Palmieri, Steve Wilson, Nugie,Ireng Maulana, Pongki, Nugie, Anton Baret, Marta Topeng, dan banyak seniman lainnya.

Sejarah gitar Genta ini dimulai dari seorang bernama Ki Anong Naeni (empu gitar Bandung). Ia seorang ahli mekanik dan elektronik. ia bertemu dengan Raden Mahyar danmembuat gitar 17 fret (dibuat 3 buah). 

Versi instrumen yang paling dikenali saat ini adalah Solid Bodied Electric Guitar atau gitar listrik berbodi padat, yang terbuat dari kayu padat tanpa ruang udara di bodinya. Rickenbacker menawarkan sebuah gitar listrik dengan cetakan aluminium yang dijuluki The Frying Pan atau The Pancake Guitar. Dikembangkan tahun 1931 dan mulai diproduksi dimusim semi 1932, gitar ini menghasilkan suara yang modern dan agresif. 

Perusahaan Audio Vox membuat dan mungkin sudah menawarkan gitar solid body di pertengahan 1930. Sebuah gitar padat lainnya didisain oleh seorang musisi dan penemu Les Paul di awal 1940, dia bekerja paruh waktu di Epiphone Guitar. Gitar Log Guitarnya telah dipatenkan dan sering dianggap sebagai yang pertama di jenisnya.

Source :
http://firsada98.blogspot.com/2014/10/para-penemu-penemu-alat-musik.html#ixzz3pkrMBGCn
https://karl17.wordpress.com/2010/06/26/asal-muasal-penemu-penemu-gitar/
https://id.wikipedia.org/wiki/Gitar_listrik
http://radarmalang.co.id/andi-oding-pembuat-gitar-langganan-artis-papan-atas-tanah-air-8592.htm
http://v2.garudamagazine.com/department.php?id=170
http://www.academia.edu/4380082/Gitar_lokal

Seni Rupa

Diposkan oleh On 1:01 AM

Seni rupa adalah sebuah karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang berbentuk dua dimensi atau tiga dimensi. Seni rupa lebih menekankan pada bentuk, atau rupa. Seni rupa ini bisa dilihat, memiliki ukuran dan bisa disentuh atau diraba. Penekanan seni rupa terletak pada wujud benda. Benda yang indah yang dibuat dengan kemampuan diatas rata-rata.

Ukuran seni rupa terdiri dari ukuran panjang, lebar dan tinggi. Untuk ukuran panjang X lebar akan membentuk sebuah bidang datar. Sehingga dikatakan seni rupa dua dimensi. Untuk Ukuran panjang kali lebar kali tinggi (Panjang X Lebar X Tinggi) akan membentuk volume yang disebut dengan 3 dimensi.

Kesan dalam seni rupa tentunya akan mengolah konsep Titik, garis, bidang, bentuk, volume, tekstur, pencahayaan, warna dengan mengacu pada nilai estetika (nilai keindahan). Dari unsur seni rupa diatas bisa dimaknai bahwa titik yang bersambung akan membentuk garis, garis yang bersambung akan memebentuk bidang. Kemudian dari bidang-bidang tersebut akan digabung kembali sehingga menjadi bernetuk dan memiliki volume. Tekstur merupakan halus lembutnya sebuah permukaan bidang. Pencahayaan akan menimbulkan kesan 3 dimensi dan berkesan memiliki volume. Warna akan menentukan nilai estetikanya. Pembagian Warna inilah yang akan memunculkan berbagai macam warna yang tercipta, yang asal muasal warna adalah merah, biru, kuning (asli) ditambah warna hitam dan putih (netral).

Pembagian seni rupa berdasarkan fungsinya ada dua macam. Seni rupa murni dan seni rupa terapan. Namun jika berbicara manfaat seni rupa berdasarkan fungsi jugan manfaat seni rupa sekaligus. Manfaat seni rupa tentunya seputar kepuasan batin seniman, Kepuasan batin penikmat seni, sampai pada pelestarian nilai-nilai budaya dan ritual keagamaan. Ada manfaat lain saat menikmati seni rupa yaitu bisa untuk refreshing atau rekreasi. Kepenatan setelah seharian penuh melakukan kegiatan rutin maka mengunjungi pameran seni rupa maka akan mengendorkan urat syaraf yang kelelahan.

Seni Rupa untuk Kebutuhan fisik juga akan dipenuhi dengan benda-benda seni misalnya meja kursi, almari, pakaian. ini juga mengandalkan keindahan seni rupa. Tidak hanya indah, namun mereka juga butuh kenyamanan, keamanan.

Seni rupa bisa untuk Komunikasi dengan atau antar desainer dunia misalnya. Kita bisa memanfaatka internet sebagai media komunikasi. Dengan karya yang dihasilkan diharapkan mampu menyampaikan ide-ide yang cemerlang untuk perkembangan seni masa kini.

Alat Musik

Diposkan oleh On 12:42 AM

Alat Musik menjadi sesuatu yang paling berharga untuk mengiringi sebuah lagu. Bahkan seseorang akan Kesulitan dalam Mengarang Lagu jika tidak menggunakan alat musik. Memang bisa saja seseorang mampu mengarang lagu tanpa alat musik. Karena memang sebenarnya bukan menjadi Syarat Dalam Mengarang Lagu. Namun alat musik ini akan menjadi penting dalam Mengaransemen Lagu. Mengaransemen lagu Tanpa alat musik, lantas bagaimana mewujudkan gubahan aransemen yang baru jika tidak ada lat musiknya. Bagaimana menentukan nadanya dan akornya, Tanpa alat musik susah sekali melewati langkah-langkah dalam mengaransemen lagu. Oleh karena itu Alat Musik menjadi hal yang patut dipertimbangkan.

Pengertian ALat Musik

Alat Musik adalah instrumen atau alat yang dengan sengaja diciptakan atau diadaptasikan dengan tujuan supaya dapat menghasilkan suara musik. Hasil dari adaptasi ini akan mampu berbunyi secara harmoni jika sudah dikolaborasikan dengan vokal seseorang. Alat musik ini akan mampu mendukung vokal seseorang dalam penyajian seni musik. Pada dasarnya, apa saja yang bisa menghasilan suara dengan nada-nada tertentu yang bisa dimainkan oleh pemusik/musisi sudah bisa dikatakan alat musik. Alat musik tadi secara khusus belum dikatakan sebagai alat yang dibuat dengan tujuan hanya untuk musik saja, namun alat musik ini terkadang muncul dari apa saja yang ada disekitar kita. Kemudian dimodifikasi sehingga tercipta alat musik yang diinginkan.
Alat Musik
Bentuk dan Bahan Alat Musik itu jelas berbeda-beda. Hal ini didasarkan pada temuan-temuan para pencipta alat musik gitar misalnya. Selanjutnya alat musik tadi akan dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Ada Pengelompokan Alat Musik Berdasarkan Cara Membunyikannya, dan bisa juga pengelompokan Alat Musik berdasarkan Sumber Bunyinya. Alat musik ini yang tercipta dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Para musisi akan mengoleksi alat musik yang dibutuhkan saat mereka bernyanyi dan Mengarang lagu. Para musisi akan tergantung dengan alat tersebut dalam setiap tampilannya. Rasa percaya diri terkadang muncul dengan adanya kelengkapan alat musik. Bahkan belum dikatakan musisi jika belum mampu memainkan satu jenis alat musik. 
Alat musik bisa digunakan sebagai pendukung lagu yang dinyanyikan, namun tidsak sedikit yang menggunakan alat musik sebagai pendukung penampilan. Alat musik sebagai pendukung lagu berarti alat musik tersebut mengiringi lagu secara harmoni Sebagai unsur musiknya. Alat musik sebagai pendukung penampilan, ini berarti alat musik hanya sebagai asesoris, alat musik sebagai pemanis kostum saja, namun pura-pura dimainkan. Hal ini biasa terjadi pada penampilan musik yang sifatnya belum profesional. Berbeda dengan pemain musik profesional, semua alat benar-benar dimainkan untuk mendukung lagu. Bukan biar terlihat banyak dan megah, bukan karena untuk gaya saja namun alat-alat musik tersebut benar-benar dibutuhkan untuk mengiringi lagu.


Seni Tari

Diposkan oleh On 11:58 PM

Seni Tari merupakan bagian dari Cabang Seni yang mengutamakan kreasi geraknya. Tari bisa dinamakan gerak yang bermakana. Tari merupakan wujud ekkspresi seseorang untuk mengungkapkan gagasan idenya melalui gerak-gerak yang tersusun secara sistematik dan tersetruktur sehingga mampu menyampaikan pesan pada penikmat seni dengan diiringi alat musik. Untuk Tari Jawa biasanya menggunakan iringan musik seperangkat Gamelan.

Seni Tari adalah sebuah karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang diwujudkan melalui gerakan-gerakan yang bermakna. Seorang penari akan berusaha semaksimal mungkin dengan kemampuan mengolah ekspresi wajah guna mendukung gerakan-gerakanya.

Tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak ritmis yang indah. Gerak-gerak ritmis yang indah yaitu mencakup jiwa manusia yang jiwa itu berupa akal, kehendak dan emosi (Soedarsono, 1972: 4-5). Curt Sachs (dalam Kusnadi, 2009:1) berpendapat bahwa tari adalah gerak yang ritmis. Gerak ritmis adalah gerak manusia yang sudah terolah tempo dan dinamikanya yang kadang cepat, kadang lambat, kadang patah-patah dan kadang mengalun. Tari adalah cakupan kegiatan olah fisik yang tujuan akhirnya adalah ekspresi keindahan (Sedyawati,1981:68).

Seni Tari Sebuah tarian sebenarnya merupakan perpaduan dari beberapa buah unsur,yaitu wiraga (raga), Wirama (irama), dan Wirasa (rasa). Ketiga unsur ini melebur menjadi bentuk tarian yang harmonis. Unsur utama dalam tari adalah gerak. Gerak tari selalu melibatkan unsur anggota badan manusia. Unsur- unsur anggota badan tersebut didalam membentuk gerak tari dapat berdiri sendiri, bergabung ataupun bersambungan.

Seni TariDikatakan Seni Tari jika memang sudah memenuhi Unsur-Unsur Seni Tari secara lengkap. Jika salah
satu unsur tersebut tidak terpenuhi maka belum dikatakan seni tari. Dalam Bab Menari seseorang difokuskan dalam latihan mengolah gerak seluruh anggota badan. Mulai dari kepala beserta bagiannya (mata, mulut dll), Tangan beserta bagiannya (lengan, pergelangan, jari jemari), Kaki beserta bagiannya dan lain sebaginya adalah media utama dalam seni tari ini. Gerakan ini akan terasa bermakna jika dilatih sesuai dengan ide gagasan yang akan dicapai dengan frekuensi latihan yang cukup tinggi. Jika jam terbang latihan menarinya tinggi maka akan menghasilkan persembahan tari yang hampir mendekati sempurna atau bahkan sempurna.

Mendedikasikan diri dalam seni tari harus memenuhi kriteria berikut ini:
  • Niat yang kuat ; Niat yang kuat akan menjadi pendorong utama dalam berkarya seni tari. Terkadang seseorang selalu mepermasalahkan bakat seseorang dalam bidang tertentu. Seseorang yang memiliki bakat menari maka akan lebih mudah menguasai seni tari, dan seseorang yang tidak memiliki bakat tari maka tidak akan bisa berkarya seni tari. Statemen atau pernyataan seperti itu tidak selamanya benar. Ada celah yang banyak bagi orang yang dikatakan tidak bisa menari. Bakat itu harus dipupuk. Niat yang kuat merupakan bibit unggul untuk menjadikan sebuah bakat. Jika sering dilatih dan dipupuk maka bakat-bakat ini akan berkembang semakin sempurna.
  • Memiliki Guru Tari ; Guru tari yang kami maksudkan adalah seseorang yang memang menguasai seni tari. Bagaimana dengan VCD atau DVD yang berisi gerakan gerakan tari. Kita bisa saja mempelajari seni tari dari VCD atau DVD namun ketika menemui kesulitan dalam teknik gerakan, kita tidak bisa mendapatkan solusinya. Walhasil karya tari kita kurang sempurna. Bukanya DVD itu tidak berguna, tetapi jika kita memiliki guru seorang penari kemudian pada saat latihan dirumah dengan dibantu VCD atau DVD ini akan lebih baik dan lebih efektif serta efisien.
  • Latihan Terus Menerus ; Hal ini menjadi bagian penting dalam Seni Tari. Bahkan Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater juga tidak lepas yang dinamakan latihan. Semakin banyak berlatih maka akan semakin baik kemampuan kita. Latihan merupakan kegiatan mengasah kemampuan dalam rangka mencapai target gerakan yang diinginkan. Latiahan adalah upaya untuk menjaga kualitas kemampuan yang kita miliki. Tanpa latihan maka gerakan kita akan terlihat kaku dan tidak sempurna.
Ada beberapa kriteria pendukung yang sebenarnya akan menyempurnakan Hasil Karya Seni Tari. Diantaranya adalah, Fasilitas DVD untuk memutar kembali gerakan gerakan kita. Ini sebagai media untuk mengevaluasi karya-karya kita. Memiliki koleksi koleksi gerakan seni tari baik Tari Rakyat, Tari Tradisional Maupun Tari Modern.

Daftar Isi Seni Tari

Membuat Wayang Dari Kulit Kerbau (Wayang Kulit)

Diposkan oleh On 2:04 AM

Membuat wayang kulit dengan teknik tatah ini sudah menjadi kebiasaan pengrajin wayang kulit. Dulu saat saya masih belajar disanggar Pedalangan Kabupaten Pati yaitu Sihing Krida Mukti (SKM), rasanya sulit untuk membuat wayang kulit seperti itu. Saya mencoba membeli 2 wayang kulit yang masih belum disungging dengan warna-warna, artinya masih polos dan masih belum lengkap, yang satunya lagi sudah didasari dengan menggunakan cat warna putih namun belum dilakukan finishing atau sentuhan akhir, alias belum jadi. Ini juga mengundang keinginan saya untuk bertanya sama Dwidja Saya Mas Ragil dari Batangan. Beliau mengajarkan Sabet di sanggar SKM tersebut. Selain ahli dalam bidang Sabetan Wayang, beliau ternyata juga bisa membuat wayang kulit yang dikerjakan sendiri. Lulusan STSI ini banyak membagikan pengalamannya pada saya tentang bagaimana membuat wayang kulit. beliau menekankan bahwa kehalusan serta ketinggian kesenian kerja tangan bisa diukur dengan melihat watak-watak wayang kulit. Seseorang biasanya memiliki ketelitian yang berbeda-beda dalam pembuatan wayang kulit. 

Nilai dan mutu kulit Kerbau hendaklah memenuhi spesifikasi dan kriteria tukang-tukang wayang kulit. Kulit kerbau betina menjadi pilihan berbanding dengan kulit kerbau jantan, kerana ia lebih besar dan lembut. Untuk mendapatkan kulit tersebut bisa merhubungan dengan tempat pemotongan hewan terutama kerbau. 

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat Wayang Kulit



  • Untuk Kulit Pilihan atau kulit yang memang mau dipakai untuk membuat wayang, yang harus dilakukan adalah membersihkan daging dan lemak yang menempel sampai bersih. Bisa dengan bantuan pisau Raut  atau ada orang yang menyebutnya pisau wali. Pengerjaan pengikisan daging ini harus teliti jangan sampai ada daging maupun lemak yang masih menempel.
  • Kulit yang sudah dibersihkan tadi harus segera dijemur agar tidak membusuk, sehingga kering betul dan lamanya tergantung cuaca. Kalau cuaca panas normal maka 4 hari sudah sangat kering. Jangan lupa kikis bulu-bulunya tadi dengan pisau Raut. Untuk hal ini mungkin ada sedikit bau busuk jika dijemur dekat dengan rumah kita. Namun jangan jauh juga, bisa-bisa tidak aman dari orang yang jail. Ingat kejahatan bukan hanya karena niat pelakunya, tapi kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan. 
  • Setelah dilakukan pengikisan bulu-bulu tadi kemudian basuhlah dan jemur kembali sampai kering kemudian anda siap untuk melakar gambar wayangnya.
  • Mengenai lakaran watak-watak wayang dibuat di atas kertas putih tipis agar mudah untuk dijadikan mal.
  • Penjenisan corak dan motif perlu disusun dengan teratur dan sesuai dengan watak wayang yang dibuat. Biasanya watak wayang kulit Melayu berukuran kurang lebih 70 cm dengan panjang dan lebarnya tidak lebih dari 30 cm. Lakaran pada kertas yang telah disediakan itu seterusnya akan digunting atau dipotong mengikuti profil tersebut. Kemudian tempelkan lakaran tersebut pada kulit dengan menggunakan lem kanji atau lem tepung kanji.
  • Kertas lakaran yang dilekatkan pada kulit tadi dipahat mengikuti lakaran. Kemudian, Setelah selesai memahat, kertas lakaran putih yang masih melekat pada kulit dilepas dari kulit dengan cara dicuci sikat dengan air. Anda bisa menggunakan berus tembaga halus dan air untuk menggosok dan membersihkan kertas yang melekat pada kulit.
  • Kulit yang telah dicuci selanjutnya biarkan saja sampai kering. Langkah selanjutnya adalah memberikan corak warna. Bisa download di internet, bagaimana warna muka wayangnya, bagaimana warna badan wayang sampai pada pakaian wayangnya. 
  • Selanjutnya agar wayang tersebut bisa dipegang atau ditegakkan maka dibutuhkan tulang wayang. Ini bisa menggunakan Tanduk Kerbau untuk membuat Cempuritnya. Namun jika ingin yang lebih murah bisa menggunakan bambu atau kayu disambung dengan rotan. Cara melekatkannya bagaimana? tentunya cempurit tadi dibelah setinggi wayang lebih dengan menyisakan 30 cm bagian bawahnya yang akan ditancapkan di (gedebok) pohon pisang. selanjutnya wayang kulit tersebut diapit di antara belahan tersebut lalu diikat dengan benang pada jarak kira-kira 5 cm atau disesuaikan denga kebutuhan.
  • Jangan lupa setiap tangan wayang dipasangi (duding) semacam stik kecil untuk menjalankan gerakan tangan wayangnya.
  • Selesailah sudah cara membuat wayang. Dan wayang siap untuk digelar sebagai pertunjukan kesenian wayang kulit. Bagi pemula bisa mempelajari tentang Jejer, Paseban Jawi, Perang Gagal dan Lain-lain. Anda bisa melihat tutorial Jejer Paseban Jawi di https://www.youtube.com/watch?v=rPX1tvTF5aw. Atau Bisa melihat langsung di Video berikut ini


Langkah - Langkah Mengaransemen Lagu

Diposkan oleh On 12:19 AM

Hal yang penting yang harus diperhatikan dalam langkah-langkah mengaransemen lagu adalah memperhatikan setiap masing-masing suara. Apalagi dalam paduan Suara harus mengurusi tiga sampai empat suara yang digabungkan secara harmonis. Oleh karena itu Langkah-Langkah ini menjadi sangat penting. Selain Persyaratan untuk Mengarang Lagu harus dipenuhi, Juga penguasaan Materi Tentang Mengaransemen Lagu sebagai teori pokok dalam mendukung Langkah-Langkah Mengaransemen Lagu ini.

Langkah-Langkah Mengaransemen Lagu (Vokal - Paduan Suara)

    Langkah - Langkah Mengaransemen Lagu
  1. Menyanyikan lagu beserta Syair dan carilah kesan yang diungkapkan dalam nada dan kata. Dengan berdiskusi, merenung secara pribadi kemudian masing-masing personil paduan suara mengungkapkan kesan lagu yang diputar berulang-ulang tadi. Apakah berkesan sedih, Asmara, atau gembira dan lain-lain.
  2. Memperhatikan Bunyi Kata-Katanya, Bagaimana temponya, Bagaimana kesatuan hitung yang tepat, Letak penggalan kalimatnya (karena berhubungan dengan pernafasan). membuat tanda Tempo birama, menentukan interval Nadanya, dan tidak lupa menentukan Kunci Akornya dan tanda Kuncinya. Artinya harus menguasai Unsur Musik Secara Keseluruhan.
  3. Carilah Akor dari setiap satuan hitungan. Misalnya dalam Birama 4/4 pada Tempo sedang setiap pukulan 1, 2, 3 dan 4.
  4. Menampilkan Hasil Aransemen. Apakah setiap Aransemen harus ditampilkan? Tentunya menjadi suatu keharusan, jika karya kita ingin dikenal dan merupakan tanggungjawab karya kita pada khalayak ramai. Oleh karena itu ada beberapa yang harus dipersiapkan dalam menampilkan hasil karya diantaranya adalah Sebagai berikut : 
  • Pemain : Orang yang akan membawakan hasil aransemen. Jika aransemennya vokal, maka buatlah grup paduan suara. Harus mencari pemain yang musikalitasnya tinggi (tidak Fales dalam bernyanyi)
  • Alat Musik : Instrumen ini akan menjadi penting untuk mengiringi aransemen lagu yang sudah dibuat.
  • Pemimpin : Dalam paduan suara harus ada pemimpin. Orang sering mengatakan pemimpin lagu ini dinamakan dirijen. Memilih orang yang paling menguasai Musik.
  • Partitur : Partitur ِAdalah lembaran kertas yang berisi notasi musik, dalam hal ini berisi notasi lagu yang sudah dibuat.

Mengaransemen Lagu

Diposkan oleh On 10:04 PM

Mengaransemen lagu sudah menjadi bagian pokok dalam mempelajari seni musik. Dalam Materi tentang Mengaransemen lagu, ada pula Langkah-Langkah Mengaransemen Lagu dan Syarat-Syarat Mengarang Lagu, yang akan menjadi materi Utama sebelum orang berkarya seni musik. Mengaransemen merupakan upaya untuk mengembangkan teori musik. Yang selanjutnya akan menghasilkan berbagai macam karya yang luar biasa.

Pengertian Mengaransemen

Aransemen adalah gubahan lagu untuk orkes atau kelompok paduan musik, baik secara vokal maupun instrumental. Dalam mengaransemen lagu tidak hanya profesional dalam penguasaan teknis semata namun harus mampu menciptakan nilai estetis yang ada dalam lagu tersebut. Ada persyaratan moral dalam mempelajari aransemen guna tercipta sebuah lagu yang indah. Ketekunan dalam berlatih yang terus-menerus akan menghasilkan berbagai keindahan musik.

Salah satu ilmu yang dipakai dalam mengaransemen adalah Unsur-Unsur Musik. Seperti Harmoni, Akor, Tanda Akor, Notasi, Melodi, Ritme/Irama, Dinamik, Tangga Nada, yang sudah saya bahas di artikel Unsur-Unsur Musik

Apabila berbicara tentang musik berarti membahas tentang musik pentatonik daerah tertentu yang memiliki Tangga Nada Pentatonik, karena masing-masing daerah, khususnya Musik Jawa berbeda dengan musik Eropa dan Amerika kita langsung berkiblat pada Tangga Nada Diatonik

Sebelum kita membuat aransemen, yang harus dipahami adalah karakter pentatonik suatu bangsa. Sebenarnya, nada-nada Jepang yang digunakan hampir sama dengan tangga nada pentatonis laras slendro, yaitu do- re- mi- sol- la. Di Jepang dan Cina susunan nadanya adalah do- mi- fa- sol- si. 

Apabila kita sudah mengerti tentang karakter melodi dan tangga nada dapat mengaransir sebuah karya musik tanpa harus meninggalkan ciri khas atau karakter musik tersebut. Aransemen sering disingkat Arr. Seorang Arranger/penata musik dapat menggubah dengan gaya atau selera masing-mas-ing. Aransemen vokal dapat dibawakan dalam bentuk duet, trio, maupun paduan suara. Aransemen instrumental dapat dibawakan dalam bentun duet, trio, ansam-bel, maupun orkestra. Dalam penyajian aransemen musik menggunakan harmoni yang ditunjukkan dengan penerapan akor-akor

Penggunaan akor untuk mengiringi sebuah lagu terlebih dahulu harus memperhatikan tangga nada yang dipakai, melodi, frase lagu, dan arah gerak akor. Arah gerak dalam sebuah lagu mengikuti melodinya. Putaran-putaran akor mengikuti satu patokan tertentu dan merupakan suatu arus yang selalu teratur.

Belajar mengiringi lagu dengan alat musik harus dilakukan terus menerus. Maka akan semakin mahir dalam memadukan vokal dan alat musik. Terlebih lagi untuk melatih kepekaan dalam memainkan musik perlu dilatih perpindahan akor satu ke akor yang lain. semakin kita sering berlatih akor maka akan semakin baik dan peka terhadap perpindahan dari akor yang satu ke akor yang lain. 

Bagi yang terbiasa memainkan akor akan langsung menentukan trinada atau akor yang akan dipakai dengan feelingnya atau perasaannya. Untuk pemula, dapat dilakukan dengan cara membaca partitur lagu yang mencantumkan akor-akornya.

Penataan Sumber Bunyi

Tujuan penataan berbagai sumber bunyi dalam membuat aransemen adalah untuk mencapai nilai artistik tanpa harus kehilangan karakter musiknya. Nilai keindahan didapat, nilai fungsi juga bisa diraih. Dalam membuat aransemen dituntut ketekunan, kepekaan, dan latihan terus menerus.

Seorang arranger harus mengerti tentang Unsur-Unsur Musik seperti melodi, harmoni, ritme, dan karakter instrumen. 

Hal-Hal Yang Pokok dalam Mengaransemen Lagu

Sebenarnya dengan menentukan prioritas untuk mempelajari unsur musik yang mana yang akan mendukung dalam mengaransemen Lagu. Ini yang akan memudahkan seseorang mengaransemen lagu. Oleh karena itu hal- hal yang penting dala mengaransemen lagu sebagai berikut:

  • Melodi pokok ditentukan terlebih dahulu. Ini yang akan mengarahkan Nada yang pertama dalam lagu tersebut. Hal ini juga sangat penting untuk mengetahui jenis aransemen yang akan digunakan. Aransemen dapat ditentukan dalam bentuk dua, tiga, atau empat suara dengan memecah melodi yang sudah ada atau harmoni dari lagu tersebut. Maka pengusaan akor akan menjadi prioritas selanjutnya.
  • Tentukan akor-akor yang akan digunakan. Akor juga akan menetukan kunci yang akan dipakai dalam lagu tersebut. Dengan mengetahui akor-akor yang akan digunakan dapat dibuat aransemen yang bervariasi dan lebih kreatif. 
  • Penguasaan Ritme atau Irama. Dalam tahap ini, seorang arranger dapat menentukan irama/ritme yang dikehendaki. Irama yang akan digunakan dapat mengubah ritme atau irama yang sudah digunakan. Misalnya lagu daerah diaransemen dalam bentuk keroncong, secara tidak langsung ritme yang digunakan akan berbeda dari sebelumnya.
  • Mengetahui interval lagu. yang nantinya akan mengetahui jarak nada yang digunakan.
  • Tentukan instrumen musik yang akan digunakan untuk memainkan jenis aransemen yang kita buat atau kita ciptakan. Lalu akan kita mainkan sampai mahir betul dengan cara mengulang-ulang.

Hasil Aransemen Yang Baik

Apakah bisa kita membuat musik yang kreatif. Walaupun sedikit meniru musik-musik yang lain, itu untuk menambah refferensi dalam dunia musik. Salah satu cara untuk mengetahui hasil aransemen itu baik atau tidak adalah dengan memperhatikan harmonisasi lagu tersebut, apakah sudah lebih enak didengar. Perlu juga mengerti Langkah-Langkah Mengaransemen Lagu agar mampu membuat lagu dengan prosedur yang benar. Tentunya dengan target yang benar pula.