Alasan Pemilihan Judul
- Banyaknya metode pengajaran bahasa Arab yang bermunculan dan masing-masing berkompetensi meraih posisi yang strategis dibidang pengajaran bahasa Arab.
- Menurut penulis, masih sangat efektif apabila guru bahasa Arab MTs. Roudlotusysyubban menggunakan metode pengajaran Qowaid Al-Lughoh dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar bidang studi bahasa Arab siswa kelas III yang masih menggunakan kurikulum lama yaitu kurikulum 1994.
- Penulis sekarang sudah mengajar di madrasah Tsanawiyah dan mengampu mata pelajaran bahasa Arab, namun penulis masih kurang berpengalaman dalam penggunaan metode yang tepat.
- Penulis pernah melakukan wawancara dengan guru bahasa Arab di madrasah yang penulis teliti. Beliau mengatakan bahwa metode itu masih efektif, sebab tanpa struktur dan kaidah yang benar maka siswa tentu akan mengalami kebingungan dalam menjawab soal sebab tidak dapat difahami.
C. Penegasan Istilah
Untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan menghindari agar tidak terjadi kesalahfahaman atau kekaburan dalam mengambil arti dan maksud istilah yang digunakan dalam judul skripsi, maka perlu dijelaskan beberapa istilah yang digunakan dalam judul skripsi, maka dapat diuraikan definisi istilah yang berkaitan sebagai berikut :
- Efektifitas adalah hal yang berkaitan dengan problem tujuan dan alat memproses input menjadi output.[1]
- Metode adalah rencan menyeluruh yang berkenaan dengan penyajian materi bahasa Arab secara teratur, tidak ada satu bagian yang bertentangan dengan yang lain dan semuanya berdasarkan pendekatan yang terpilih.[2]
Metode adalah cara yang tersusun dan teratur untuk mencapai tujuan, khususnya dalam hal ilmu pengetahuan.[3]
- Pengajaran berasal dari kata “ajar” yakni cara-cara atau petunjuk yang disampaikan kepada orang agar diketahui atau diturut.[4]
- Bahasa Arab adalah satu mata pelajaran yang diajarkan di madrasah Tsanawiyah, sebagai mata pelajaran pokok. Dan bahasa Arab adalah kata-kata yang diungkapkan orang-orang Arab untuk mengatakan tujuan mereka.[5]
- Qowaid Al-Lughoh adalah tata bahasa atau kaidah bahasa.[6]
- Metode Pengajaran Qowaid al-Lughoh adalah cara yang biasa dilakukan dengan menghafalshighat-shighat (pola-pola kata) dan Qowaid (tata bahasa).[7]
- Prestasi Belajar adalah hasil yang telah dicapai.[8] Sedangkan belajar dimaksudkan sebagai usaha penguasaan materi ilmu pengetahuan dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan meniru dan lain sebagainya menuju terbentuknya kepribadian seutuhnya.[9]
D. Rumusan Masalah
Berangkat dari latar belakang masalah di atas, maka permasalahan muncul yang dapat dijadikan rumusan masalah adalah sebagai berikut:
Dari batasan dan penegasan istilah di atas, terdapat berbagai permasalahan yang perlu penyusun kemukakan, yaitu:
- Sejauh mana Efektifitas pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan metode pengajaranQowaid al-Lughoh terhadap prestasi belajar bidang studi Bahasa Arab siswa kelas III Semester I MTs. Roudlotusysyubban Tawangrejo Tahun Pelajaran 2005/2006.
- Bagaimanakah Prestasi belajar bidang studi Bahasa Arab siswa kelas III semester I MTs. Roudlotusysyubban Tawangrejo Tahun Pelajaran 2005/2006.
- Adakah pengaruh metode pengajaran Qowaid Al-Lughoh terhadap Prestasi belajar bidang studi Bahasa Arab siswa kelas III Semester I MTs. Roudlotusysyubban Tawangrejo Tahun Pelajaran 2005/2006.
Artikel Terkait lainnya :
- Alasan Memilihan Judul Qowaid Al-Lughoh
- Penegasan Istilah Qowaid Al-Lughoh
- Rumusan Masalah Qowaid Al-Lughoh
- Tujuan Metode Qowaid Al-Lughoh
- Kegunaan Metode Qowaid Al-Lughoh
- Ruang Lingkup Metode Qowaid Al-Lughoh
- Hipotesis Metode Qowaid Al-Lughoh
- Efektifitas Penggunaan Metode Qowaid Al-Lughoh
- Prestasi Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya
- Dampak dan Tingkat Kesulitan Metode Qowaid Al-Lughoh
- Karakteristik Metode Qowaid Al-Lughoh
- Metode Penelitian
Artikel Terkait lainnya :
- Alasan Memilihan Judul Qowaid Al-Lughoh
- Penegasan Istilah Qowaid Al-Lughoh
- Rumusan Masalah Qowaid Al-Lughoh
- Tujuan Metode Qowaid Al-Lughoh
- Kegunaan Metode Qowaid Al-Lughoh
- Ruang Lingkup Metode Qowaid Al-Lughoh
- Hipotesis Metode Qowaid Al-Lughoh
- Efektifitas Penggunaan Metode Qowaid Al-Lughoh
- Prestasi Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya
- Dampak dan Tingkat Kesulitan Metode Qowaid Al-Lughoh
- Karakteristik Metode Qowaid Al-Lughoh
- Metode Penelitian
Refferensi
[1] Made Pidarta, Landasan Kependidikan; Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia,Cet. Pertama, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 1997, hal. 258
[2] Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2004, hal. 19
[3] Dany Hariyanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini, Delima, Solo, 2004, hal. 267
[4] Ibid, hal. 12
[5] Musthafa Ghulayani, Jami’ Addurus al-Arabiyah al-Maktabah al- Asyariyah, Beirut, 1986, hal. 7
[6] Kamus Besar Bahasa Arab al-Munawir
[7] Chatibul Umam, dkk (Tim Penyusun Buku Pedoman Bahasa Arab Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam), Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama/ IAIN, Proyek Pengembangan Sistim Pendidikan Agama, Jakarta, 1975, hal. 187
[8] Tim Penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Dep. P dan K, Balai Pustaka, Jakarta, 1994, hal. 787
[9] Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, hal. 20-21
Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.