Berikut ini adalah RPP Seni Budaya semester Genap kelas X (Sepuluh) 10, MA Roudlotusysyubban Tawangrejo Winonhg Pati yang saya fokuskan pada seni rupa bidang kaligrafi, namun apabila ingin difokuskan pada seni melukisnya atau kolase ya terserah masing-masing guru mapel dan kurikulum, tinggal Ctrl H dan ganti kaligrafi menjadi seni melukis, beres tinggal direplace all... bagi yang butuh contoh yang lain seperti kelengkapan pembelajarannya, silahkan komentar dan insyaAllah Akan saya posting. RPP ini sudah menggunakan KTSP lengkap dengan karakter yang ingin dicapai. semoga bisa memberikan manfaat bagi guru seni Budaya
Berikut adalah contoh RPP berkarakter Mapel Seni Budaya atau SBK 2011-2012
Berikut adalah contoh RPP berkarakter Mapel Seni Budaya atau SBK 2011-2012
( RPP )
MADRASAH : MA Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : X/ Genap
ALOKASI WAKTU : 2X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR : 9.1 Mengindetifikasi jenis karya seni rupa murni kaligrafi
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa murni daerah setempat
2. Menyebutkan jenis karya seni rupa murni kaligrafi.
3. Membuat gambar contoh karya seni rupa murni daerah setempat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)
B. MATERI POKOK
· Karya seni rupa murni kaligrafi
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi dan motivasi
· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Membaca referensi jenis karya seni rupa.
F Peserta didik Melihat tayangan gambar karya seni rupa murni daerah setempat.
F Peserta didik Mendiskripsikan karya seni rupa murni kaligrafi berdasarkan teknik pembuatannya.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa murni daerah setempat
F Menyimpulkan materi pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR
· Buku teks Seni Budaya
· Media elektronik lap top dan LCD proyektor
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Ü Mengidentifikasi karya seni rupa murni kaligrafi.
Ü Mendiskripsikan karya seni rupa murni kaligrafi berdasarkan teknik pembuatannya
|
Penugasan individu/ kelompok
|
Tugas rumah
|
Ü Kumpulkan data berupa gambar-gambar karya seni rupa murni di daerahmu dan buatlah diskripsi ciri-ciri khusus karya seni rupa murni daerahmu
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI
|
Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.
RAVINDRA, S.Pd.I
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
MADRASAH : MA Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : X/2
ALOKASI WAKTU : 4X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR : 9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa murni kaligrafi
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
2. Membuat kliping tentang karya seni rupa murni kaligrafi
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)
B. MATERI POKOK
sikap apresiatif terhadap keunikan
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apresiasi karya seni rupa murni kaligrafi
· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa murni daerahmu
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Membuat kliping tentang karya seni rupa murni kaligrafi
F Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F tugas sebelumnya dan berikan tanggapan tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa murni daerahmu
F Menyimpulkan materi pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR
· Buku teks Seni Budaya
· Media elektronik lap top dan LCD proyektor
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Ü Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni kaligrafi
|
Penugasan individu/ kelompok
|
Tugas Proyek
|
Ü Buatlah kliping dengan mengambil data gambar berikut diskripsinya dari tugas sebelumnya dan berikan tanggapan tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa murni daerahmu
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI
|
Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.
RAVINDRA, S.Pd.I
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
MADRASAH : MA Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : X/2
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.1 Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa murni dua dimensi dari daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Mendeskripsikan bentuk dengan obyek karya seni rupa murni dua dimensi.
2. Menyebutkan bahan yang dapat dibuat karya seni rupa dua dimensi.
3. Menyebutkan Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa murni dua dimensi daerah setempat
4. Membuat Karya kaligrafi hiasan mushaf
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)
B. MATERI POKOK
· Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa murni dua dimensi daerah setempat
· Karya kaligrafi hiasan mushaf
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi dan motivasi
· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati contoh-contoh karya seni rupa murni dua dimensi daerah setempat
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Membuat kaligrafi hiasan mushaf
F Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa murni dua dimensi daerah setempat
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat kaligrafi hiasan mushaf
F Menyimpulkan materi pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR
· Buku teks Seni Budaya
· Media elektronik lap top dan LCD proyektor
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Ü Membuat kaligrafi hiasan mushaf
Ü Mengkaligrafi hiasan mushaf dari daerah setempat
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
Ü Buatlah kaligrafi hiasan mushaf yang ada di daerahmu, menggunakan media yang kamu miliki,
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI
|
Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.
RAVINDRA, S.Pd.I
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
MADRASAH : MA Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : X/2
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.2 Membuat karya seni murni dengan teknik dan
corak daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Mendeskripsikan konsep karya seni rupa dua dimensi
2. Mendeskripsikan konsep karya seni rupa dua dimensi sebagai benda pakai
3. Mendeskripsikan konsep karya seni rupa dua dimensi sebagai dan benda hias.
4. Menyebutkan bahan yang dapat dibuat karya seni rupa dua dimensi.
5. Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat karya seni rupa dua dimensi.
6. Menyebutkan lima teknik pembuatan karya seni rupa dua dimensi.
7. Merancang karya seni rupa dua dimensi benda pakai.
8. Merancang karya seni rupa dua dimensi benda hias.
9. Membuat karya seni murni karya seni rupa dua dimensi benda pakai dengan teknik dan
corak daerah (Jawa Tengah).
10. Membuat karya seni murni karya seni rupa dua dimensi benda hias dengan teknik dan
corak daerah (Jawa Tengah).
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)
B. MATERI POKOK
· Konsep karya seni rupa dua dimensi sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi dan motivasi
· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca referensi murni karya seni rupa dua dimensi
F Melihat tayangan gambar karya seni rupa dua dimensi benda pakai dan benda hias
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Merancang karya seni rupa dua dimensi benda pakai dan benda hias
F Membuat karya seni rupa dua dimensi benda pakai
F Membuat karya seni rupa dua dimensi benda hias
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menunjukkan rancangan karya seni rupa dua dimensi terbaik dari siswa
F Menyimpulkanmateri pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR
· Buku teks Seni Budaya
· Media elektronik lap top dan LCD proyektor
· Benda-benda murni karya seni rupa dua dimensi
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Ü Membuat kaligrafi dengan teknik dan corak daerah setempat
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
Ü Buatlah sebuah kaligrafi yang mencerminkan kekhasan dan corak daerahmu
Ü Jelaskan konsep karya seni rupa dua dimensi!
Ü Jelaskan konsep karya seni rupa dua dimensi sebagai benda pakai!
Ü Jelaskan konsep karya seni rupa dua dimensi sebagai benda hias!
Ü Sebutkan bahan yang dapat dibuat karya seni rupa dua dimensi!
Ü Sebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat karya seni rupa dua dimensi!
Ü Sebutkan lima teknik pembuatan karya seni rupa dua dimensi!
Ü Buatlah rancangan karya seni rupa dua dimensi benda pakai!
Ü Buatlah rancangan karya seni rupa dua dimensi benda hias!
Ü Buatlah seni murni karya seni rupa dua dimensi benda pakai dengan teknik dan corak (Jawa Tengah).!
Ü Buatlah seni murni karya seni rupa dua dimensi benda hias dengan teknik dan corak (Jawa Tengah).!
|
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa/ murni karya seni rupa dua dimensi
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |
Gagasan
| |||||
Kreativitas
| |||||
Teknik / bentuk
| |||||
Karakteristik
|
Keterangan
1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, dan 5 = sangat baik
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI
|
Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.
RAVINDRA, S.Pd.I
|
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )
MADRASAH : MA Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : X/2
ALOKASI WAKTU : 2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk
pameran kelas atau Madrasah
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
2. Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional
dan dua dimensional buatan sendiri di kelas
3. Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)
B. MATERI POKOK :
· Pameran karya seni rupa daerah setempat, meliputi: konsep, fungsi,
perlengkapan, dan perencanaan.
C. METODE PEMBELAJARAN :
Pendekatan CTL : Portofolio pamer, pemberian tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai
materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca buku teks tentang pameran
F Menyiapkanrencana pameran, dan membentuk kepanitiaan pameran.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
F Membuat buku tamu, katalog, dan label karya
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. SUMBER BELAJAR :
· Buku teks Seni Budaya
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Ü Merancang pameran karya seni rupa buatan sendiri di kelas
|
Penugasan individu/ kelompok
|
Tugas
rumah
|
Ü Buatlah Proposal pelaksanaan pameran hasil karya siswa di kelas.
Ü Jelaskan konsep pameran seni rupa!
Ü Buatlah perencanaan pameran di kelas hasil karya buatan sendiri!
Ü Buatlah susunan panitia pameran kelas!
Ü Buatlah katalog untuk kegiatan pameran di kelas!
|
Contoh lembar penilaian proposal pameran seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |
Sistematika proposal
| |||||
Kepanitiaan pameran
| |||||
Kesesuaian anggaran dan belanja
| |||||
Kreativitas acara pameran
|
Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI
|
Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.
RAVINDRA, S.Pd.I
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
MADRASAH : MA Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : X/2
ALOKASI WAKTU : 2X40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.4 Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam
Bentuk pameran kelas atau Madrasah
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas
2. Menata karya seni rupa di kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)
B. MATERI POKOK :
· Denah ruang pameran seni rupa
· Penataan karya seni rupa di kelas.
C. METODE PEMBELAJARAN :
Pendekatan CTL, Portofolio pamer, pemberian tugas
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1. Kegiatan Pendahuluan
· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menata karya seni rupa di ruang pameran.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas.
F Pelaksanaan pameran.
F Penilaian proses pelaksanaan pameran
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. SUMBER BELAJAR :
· Buku teks Seni Budaya
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Ü Melaksanakan pameran karya seni rupa dua dimensi buatan sendiri maupun orang lain di kelas atau Madrasah
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
Ü Laksanakan pameran hasil karyamu sesuai dengan tema yang telah ditentukan di kelas/Madrasah
|
Contoh lembar penilaian penyelenggaraan pameran seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |
Denah ruang pameran
| |||||
Penataan karya
| |||||
Kelengkapan pameran
| |||||
Tanggapan pengunjung
|
Keterangan
1 = sangat kurang. 2 = kurang
3 = cukup 4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI
|
Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.
RAVINDRA, S.Pd.I
|
Butuh Perangkat yang lain anda bisa minta dengan berkomentar, insyaAllah akan saya posting. misalnya Prota, Promes, Analisis UH, SK KD, Minggu Efektif dll
2 komentar
kalau boleh,,saya minta tolong kasih saya perangkat pembelajaran seni rupa kelas X SMA/MA.Semoga anda dapat mengabulkan permintaan saya secepatnya..!amin..
Salam Hormat..
Saya guru seni baru..
Saya ingin minta perangkat pembelajaran Seni rupa anda kelas X Semester Ganjil dan Genap..dapat anda kirimkan di email saya " aji_2389@yahoo.co.id "
Besar harapan saya untuk Anda dapat berbagi Ilmu dengan Saya,,,
Terima Kasih sebelumnya..
Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.